Rabu, 16 Maret 2011

Membuat Toko Online Dengan Wordpress


Akhir-akhir ini banyak blog yang membahas tentang toko online, antara lain disini dandisini. Toko online atau online store adalah cara baru (paling tidak di indoensia ) untuk menjual, umumnya yang dijual adalah barang. Sebenarnya kendala toko online adalah script website yang kurang optimal SEO-nya, hasilnya toko online tersebut menjadi sepi pengunjung, karena ya itu tadi, kurang tajam dalam masalah SEO. Kalaupun ada script toko online yang SEO banget, jarang ada yang melepasnya secara penuh. Maksudnya, kita sebagai pengguna toko online hanya bisa menyewa, biasanya per tahun. Itupun harganya mahal. Sedang untuk kita-kita yang masih mahasiswa atau pemula ‘kan butuh sesuatu yang gratis (he he gue banget). Nah bagaimana kalau menyulap wordpress menjadi toko online? jawabannya adalah bisa !. Terus apa fitur dari wordpress-online shop ini?
Fiturnya hampir sama dengan fitur toko-toko online pada umumnya, ada keranjang belanjanya, halaman checout, button beli untuk setiap barang. Model pembayaran juga bisa menggunakan paypal. Terus, apa yang dibutuhkan ?
  • 1 biji mesin wordpress(mudahnya web dengan mesin wordpress) :p
  • Plugin Quick-Shop, bisa di download disini
  • Plugin Cform II, bisa didownload disini kalau belum memiliki
  • Sedikit pengetahuan HTML dan PHP, kalau belum ada, bisa klik disini ataudisini.
Toko online ini menggabungkan kedua plugin tersebut, Quick Shop menghandle urusan proses belanja user/pengunjung. Sedangkan Cform II mengahandle kirim-mengirim. Cform akan mengirim detail pemesanan ke sebuah email yang telah ditentukan. Anda sebagai admin tinggal mengecek email, apakah ada order masuk atau tidak. Karena notifikasinya menggunakan email, anda bisa mengeset mesin email anda untuk mengirimkan email yang masuk ke HP, sehingga ketika berliburpun masih bisa menghandel bisnis online anda.Toko online ini tidak ada proses daftar-mendaftar. Jika mau belanja tinggal belanja saja. Begitulah sekenarionya.
Tulisan ini dibagi menjadi beberapa bagian, karena saya pikir agak panjang. Jadi tunggu edisi berikutnya sembari saya mencari mood untuk menulis he he. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar