Jumat, 08 April 2011

Tips dan Trik Membasmi virus

Jika kita punya PC(Personal Computer) ataupun leptop pasti sudah gx asing laig ama yang namanya virus.
Ya,nama ini terkadang bisa bikin kita jengkel,dongkol,marah,sampe teriak-teriak di kamar(hahahah berlebihan).
Namun itu bisa kejadia kalo data penting kita hilang atu gx bisa dibuka karena ntu yang namanya virus.Saya sendiri sich belum pernah kehilangan data karena ntu virus.Dan mudah-mudaan gx kejadian.Didunia maya sendiri udah disedian banyak sekali antivirus baik yang berbayar maupun yang gratis.Tapi kalo saya milih yang gratis coz anak kos biasa selalu kekurangan.Udah ah basa-basinya langsung aja.Ini merupakan  alternatif lain membasmi virus selain menggunakkan antivirus.Selamat mencoba.
  1. Nonaktifkan Sistem Restore
          Fasilitas sistem Restore pada windows berguna untuk menembalikan konfigurasi sistem ke konfigurasi sebelumnya.Agar sistem yag telah pulih tidak kembalia rusak,matikan fasilitas ini dengan klik kanan pada My Computer dan pilih Properties.Lalu pilih tab System Restore dan centang bagian  Turn Off System Restore on All Drive.

     2.Matikan Proses Virus 
        Bagaimanapun caranya,matikan proses virus.Biasanya proses virus memiliki ikon berupa folder atau dokumen MS.Word.Gunakkan aplikasi seperti Process Exploree,Pocket Killbox,Show Kill Process,The Killer Machine dan sebagainya.

     3.Pulihkan Registeasi
        Pulihkan registrasi  yang tela diotak-atik oleh virus.Jika tidak,maka virus dapat menginfeksi komputer anda lagi.Gunakkan Hijack This,Registrasi Cleaner atau The Killer Machine.Hapus juga entry Scheduled Task yang dibuat oleh virus jika ada.

      4.Hapus File-File Virus
         Gunakkan fasilitas Search pada  Windows untuk menemukan file-file virus

      5.Munculkan file-file yag desembunyikan virus 
         Virus oada umumnya tidak begit kejam dengan menghapus dokumen-dokumen kita,Biasayanya File-file tersebut hanya disembunyikan.Gunakkan perintah attrib -s.-h pada Command Prompt untuk memunculkkan kembali

       6.Saran /terakhir untuk pencegahan
.         Hati-hatilah sasat melakukan tranfer data baik melalui USB Flash Disk maupun dari jaringan.Tunjukkan  file hdden dan eksistensi file pada Windows Explorer.Selain itu,jangan mudah tergoda oleh file-fle dengan nama yang mengoyahkan iman.

Demikianlah info nya mudah-mudahan bisa membantu para netter yang budiman.Semoga Dunia ini bebas dari bebagai  macam virus yang sangat menjengkelkan namun terkadang pula  membuat dunia komputer semakin berwarna.So keep your mind and selalu waspada kejahatan ada dimana-mana.hahahahahah thanks udah ngebaca ya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar